MUKJIZAT RASULULLOH DAN FIRMAN ALLOH DALAM 360 SENDI MANUSIA

Share

Sabda Rasululloh tentang Sendi Manusia dan Sedekah

Diriwayatkan dari A’isyah ra.: sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:

“Sesungguhnya setiap manusia dari kalangan anak turun Adam diciptakan dengan 360 sendi. Barangsiapa yang bertakbir memahabesarkan Allah, bertahmid memuji Allah, bertasbih menyucikan Allah, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, atau (menyingkirkan) duri atau tulang dari tengah jalanan, memerintahkan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, sejumlah 360 sendi tersebut, maka hari itu ia telah berjalan sembari menjauhkan dirinya dari neraka.” (Shahih Muslim: 1007, 2/698).

Hadist ini dilontarkan pada awal abad ke-7, sementara kita sekarang ini berada di awal abad ke-21, dan masih banyak bahkan sebagian besar manusia modern tidak mengetahui jumlah sendi di dalam tubuh manusia. Sejumlah profesor ahli kedokteran dan bedah tulang pada awal abad ke-21 pun tidak mengetahui secara pasti jumlah tulang maupun sendi di dalam tubuh manusia. Kami telah mencoba meng-konfirmasikan hal ini kepada sebagian besar profesor ahli ini, namun jawaban mereka berkisar antara 200-300 tulang dan antara 100-300 sendi.

Dr. Hamid menjelaskan adapun jumlah definitif persendian badan bisa kita hitung sebagai berikut:

Tulang belakang, memiliki 147 sendi: 25 sendi antartulang belakang, 72 sendi antara tulang belakang dan tulang rusuk dan 50 sendi antartulang belakang pada jalan makanan samping.

Dada, memiliki 24 sendi: 2 sendi antara tulang dada dan rongga dada, 18 sendi antara tulang dada dan kepala, 2 sendi antara tulang selangka dan belikat dan 2 sendi antara belikat dan tulang batang dada.

Bagian atas tubuh, memiliki 86 sendi: 2 sendi antara tulang bahu, 6 sendi antara tulang siku, 8 sendi antara tulang pergelangan tangan dan 70 sendi antara tulang-tulang tangan.

Bagian bawah tubuh, memiliki 92 sendi: 2 sendi tulang paha, 6 sendi antara tulang-tulang dua lutut,6 sendi antara pergelangan kaki, 74 sendi antara tulang-tulang telapak kaki dan 4 sendi antara tulang lutut.

Daerah sekitar perut, memiliki 11 sendi: 4 sendi antara tulang ekor, 6 sendi antara tulang pingguldan 1 sendi antara sambungan tulang kemaluan.

Jumlah keseluruhan adalah: 147+24+86++92+11=360

Semua sendi-sendi yang terdapat pada tubuh manusia ini mampu bergerak secara sistematis sehingga manusia sangat fleksibel dalam pergerakannya. Adapun sendi-sendi yang tertanam di antara tulang tengkorak tidak termasuk dalam sendi-sendi pergerakan bebas pada tulang-tulang manusia yang disebutkan tadi. Sendi juga dikenal dengan nama ‘sinovial arthritis’ (pelumas) karena mengandung cairan yang membantu pergerakan tulang tanpa membentur satu sama lain.

Sebagai contohnya adalah sendi paha (sendi peluru) berbentuk bola yang terdapat pada ujung tulang yang bulat yang memenuhi cekungan pada pinggang sehingga tulang paha mampu bergerak dengan sangat mudah ke arah manapun. Dan juga sendi yang terdapat pada tulang kering (sendi engsel) mampu memudahkan pergerakan keduanya secara fleksibel. Begitu juga sendi yang terdapat pada lutut yang bekerja sebagai rel sehingga memudahkan pergerakan kedua betis.

Adapun ‘sliding arthritis’ adalah sendi-sendi permukaan yang saling bersentuhan dan mampu membuat tulang-tulang yang saling bertemu ketika bergerak ke arah samping dan arah depan  ke belakang. Sendi pada 2 tulang punggung atas (tulang punggung terdiri dari banyak ruas-ruas tulang yang saling bersambungan) mempunyai struktur khusus yang memungkinkan manusia memutar kepalanya dari samping ke arah lain dengan sangat mudah, karena sirkulasi pada ujung pada salah satu 2 ruas tulang punggung yang berbentuk bulat yang bersambungan di dalam cekungan pada ruas yang lain. Kerangka tulang pada manusia yang terdiri dari kombinasi berbagai tulang, disamping berguna untuk menopang tubuh, membentuknya, dan menjaga organ-organ lunak yang sangat sensitif, dia juga memberikan sandaran yang keras untuk otot sehingga mampu tegak. Jikalau tanpa sendi-sendi yang diberikan oleh Allah SWT untuk bergerak secara fleksibel, maka manusia tidak akan bisa bergerak bebas. Dan jikalau hanya ada satu saja sendi yang tidak berfungsi pada tubuhkita, maka kita akan merasakan sakit, nyeri, dan berbagai kesulitan yang sangat banyak ketika bergerak.

Dalam hal ini, setiap ruas tulang menuntut untuk bersedekah, sebagai rasa syukur kepada Allah yang telah menciptakannya dan tugas ini mesti ditunaikan manusia pada setiap harinya. Artinya, paling tidak, setiap hari manusia harus bersedekah sebanyak 360 kali atas nama 360 ruas ini. Hal ini tentunya sangat berat dan sulit. Namun, Allah Yang Maha Pengasih dan Pemurah, melalui Rasulullah saw. menjelaskan bahwa tugas bersedekah sebanyak 360 kali itu cukup tergantikan olehdua raka’at shalat Dhuha.

”Setiap salah seorang di antara kamu memasuki pagi harinya, pada setiap ruas tulangnya ada peluang sedekah, setiap ucapan tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap hamdalah (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan la ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, semua itu cukup tergantikan dengan dua raka’at dhuha.” (HR Muslim, hadits no. 720)

360, Derajat Tertinggi

رَفِيعُ الدَّرَجَاتِ ذُو الْعَرْشِ يُلْقِي الرُّوحَ مِنْ أَمْرِهِ عَلَىٰ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ لِيُنْذِرَ يَوْمَ التَّلَاقِ

“(Dialah) Yang Maha Tinggi derajat-Nya, Yang mempunyai ‘Arsy, Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya, supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat). (QS. Al Mu’min: 14)”

Sejak jaman kuno sampai saat ini angka 360 diketahui sebagai derajat paling tinggi dalam perhitungan, dimana satu lingkaran penuh dibagi kedalam 360 bagian. Al Qur’an secara spesifik tidak menyebutkan angka 360, akan tetapi dengan menyebutkan “derajat tertinggi” seperti pada ayat di atas, maka sekali lagi, konsistensi ayat Al Qur’an diuji.

Dari ayat di atas, Alloh menyatakan diriNya sebagai pemilik derajat tertinggi dengan menggunakan istilah “rofii’u darrojat” dan bukan “aliyyu darrojat”.

Sekarang mari kita hitung nilai gramatikal “rofii’u” seperti yang digunakan pada ayat di atas. “rofii’u” terdiri dari atas 4 huruf yaitu Ro, Fa, Ya, dan ‘Ain. Nilai masing-masing dari huruf tersebut berdasarkan nilai gramatikal Arab adalah sebagai berikut:

Ro=200

Fa=80

Ya=10

‘Ain=70

Sehingga jumlahnya menjadi 360. Maha benar Alloh dengan segala firmanNya. Manusia dibuat dari 360 sendi untuk menunjukan bahwa manusia seperti yang dinyatakan juga dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an sebagai mahluk yang paling mulia, mahluk Alloh yang memiliki kemampuan untuk mencapai derajat tertinggi disisi Alloh subhanahu wata’ala. Lantas mengapa kita sebagai manusia justru seringkali membuat diri kita sendiri menjadi rendah dan hina dihadapan Alloh subhanahu wata’ala dengan ingkar kepadaNya, tidak patuh kepadaNya, dan selalu lalai untuk mengingat dan bersyukur kepada Alloh subhanahu wata’ala?

Semoga kita semua selalu dalam ridho dan lindungan Alloh subhanahu wata’ala. Bikarrommati ahlisilsilatil Thoriqoh Qodiriyah Naqshabandiyah ma’had Suryalaya Syeikh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul al Qodiri an Naqshabandi al Kamil Mukamil al Muwaffaq al Muttaqqi al Mujaddid al Quthub Qodashallahusirrohu…al Fatihah.

Leave A Reply

*